🔴 Resep Nama Blog yang Membawa Hoki

nama blog

Ketika awal kali berniat membuat blog, pemberian nama blog menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Pemberian nama yang tepat akan membuat pengunjung mudah ingat dengan blog anda. Dampaknya, bukan saja anda jadi terkenal, tapi juga aliran uang yang deras akan masuk kantong anda. Sehingga apapun yang anda mau bisa anda wujudkan!

Kalau anda memang serius ngeblog, memberi nama blog sama pentingnya seperti memberi nama untuk anak. Benar saya tak bercanda. Tentu tak pernah terlintas niatan memberi nama yang tak pantas buat anak. Sebab nama yang tak pantas dikhawatirkan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Karena itu, jangan sepelekan memilih nama, baik untuk anak maupun buat blog! 🙂

Lalu bagaimana cara memilih nama blog yang tepat?

Tentu anda bermaksud menanyakan pertanyaan ini. Jawabannya mudah. Anda tak perlu repot pergi ke dukun untuk meminta nama bagi blog anda. Tak perlu pula mengadakan selametan dengan kembang tujuh rupa. Anda bisa melakukannya sendiri kok. Begini saya beritahu langkah-langkahnya.

  1. Riset kecil-kecilan dulu. Coba buka search engine seperti Google atau Yahoo. Lalu ketik topik blog yang sudah anda pilih. Misal anda bermaksud membuat blog tentang pantai. Coba ketik: ‘blog pantai’ atau ‘beach blog’ atau ‘pantai’ saja.
  2. Amati dan buka beberapa blog. Dari hasil yang ditampilkan search engine, amati nama-nama blog yang tertera. Boleh juga dibuka beberapa blog yang menarik hati. Amati isinya. (Sekalian buat cari inspirasi isi blog yang akan dibuat).
  3. Cari tahu berapa pengunjung. Dari sekian blog yang namanya sudah anda catat, cari tahu seberapa banyak pengunjung di blog itu. Banyak tidaknya pengunjung bisa bermula dari tepat tidaknya nama blog yang diberikan.
  4. Simpulkan. Setelah mendapat jumlah pengunjung setiap blog, anda bisa melihat nama-nama blog yang sudah populer di bidang yang anda pilih. Sekaligus anda tahu apa kelebihan dan kekurangan blog-blog tersebut.

Ok kembali ke nama! 😉 Setelah riset kecil-kecilan dan sudah tahu nama-nama blog yang sudah ada, sekarang kita cari tahu nama yang paling cocok buat blog kita. Saran saya nama blog itu:

  • Sesuai dengan isi. Saya sarankan nama yang anda pilih sesuai dengan isi blog. Misal tentang pantai, baiknya kata ‘pantai’ tetap dipakai.
  • Gunakan dua kata. Daripada memilih satu kata, lebih baik dua kata sekaligus. Kecenderungan saat ini pengguna internet mencari informasi dengan kata yang lebih spesifik. Dan yang pasti juga membantu membedakan nama blog anda dengan yang lain. Contoh, lebih baik memakai kata ‘pantai bagus’ daripada cuma ‘pantai’ saja.
  • Coba cari beberapa alternatif. Misal blog tentang ‘pantai’, anda bisa membuat daftar nama yang bisa dipakai seperti ‘pantai indah’, ‘pantai paling indah’, ‘pantai unik’, atau ‘pantai bali’.
  • Tentukan. Timbang baik-baik, dari sekian alternatif nama yang anda tulis, nama apa yang paling tepat. Pilih nama yang bisa mewakili isi blog anda secara keseluruhan. Pertimbangkan pula hasil riset anda sebelumnya. Sebagai acuan karakter pengunjung di topik blog yang anda pilih.

Nah nama sudah ditentukan! Kemudian daftarkan nama itu. Ketika mendaftarkan, saran saya:

  • Pilih domain *.com. Karena sebagian besar pengguna internet sudah kadung biasa dengan domain tersebut.
  • Tuliskan dalam satu kata. Nama yang sudah anda pilih lebih baik ditulis menjadi satu kata. Misal “pantaiindah.com”. Hindari memakai dash (contoh:pantai_indah.com).
  • Tambahkan kata. Bila nama blog yang kita pilih ternyata sudah ada yang pakai, tambahkan kata lain. Tambahan kata upayakan tetap berhubungan dengan nama awal yang dipilih. Misal menjadi “turpantaiindah.com” atau “panduanpantaiindah.com”.

Selamat mencoba! Pastikan nama blog anda sudah tepat supaya mengundang hoki biar lekas datang, kalau hoki sudah datang, jangan lupa kabari saya …

148 Comments. Leave new

Keberuntungan juga berpengaruh , tapi usaha tetap harus di lakukan.
seperti Tips pak Joko di atas , sangat bermanfaat

dari hal kecil

Riset kecil-kecilan dulu. Coba buka search engine seperti Google atau Yahoo. Lalu ketik topik blog yang sudah anda pilih. Misal anda bermaksud membuat blog tentang pantai. Coba ketik: ‘blog pantai’ atau ‘beach blog’ atau ‘pantai’ saja.

Untuk bagian pemilihan domain .com ini agak sulit, karena nama2 bagus sudah banyak yang didaftarkan orang. Perlu kreatif untuk menciptakan nama domain. Atau memilih domain dengan akhiran yang bukan .com, walaupun itu kurang keren rasanya 😀

Untuk memutuskan nama domain yang tepat memang butuh waktu yang lumayan dan tidak bisa asal-asalan apalagi jika tujuannya untuk dimonetisasi.

Langkah-langkah yang mas Joko jabarkan diatas layak digunakan dalam memilih nama domain.

Nice share mas Joko.

Betul Prof. Joko, nama mengandung do’a. Jadi nama domain yang baik, enak ditulis dan diucapkan merupakan 1 tangga kemenangan dalam persaingan

kalau sekarang mau nyari nama domain idaman sudah sulit pak. Udah cape2 riset ternyata nama domainnya sudah dipakai orang. Mungkin karena harga domain sekarang lebih murah drpd harga baju

dulu pernah pake .com tp lupa gak memperpanjang domain sehingga visitor turun. Sekarang lebih pd pakai domain gratisan meskipun tingkat keterpercayaannya kurang

Kalau Lebih dari 2 kata, masih efektifkah pak joko? soalnya beberapa blog yang saya kunjungi ada juga yang menyarankan 2 kata atau lebih

setelah membaca artikel ini jadi tau, mau ngasih nama apa di blog saya, sebelumnya bingun mau ngasih apa…..
terima kasih pak….

Bagus artikelnya mas, pemilihan nama domain sangat penting sekali, selain dapat mudah di ingat orang, domain juga harus memiliki kata kunci yang kita target

Benar mas joko, nama selain membawa hoki juga membawa nilai plus pada seo, apalagi pada klau pas dengan KW yang kita target. terima kasih artikelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.