🔴 Sekilas Soal SEO On Page, Off Page, dan Kesukaan Search Engine

SEO On Page, Off Page,

Waktu mengisi seminar di Undip bersama Pak Romi Satria Wahono beberapa waktu lalu, ada salah seorang peserta  bertanya soal SEO. Karena terbatasnya waktu yang tersedia, maka saya tidak bisa memberikan jawaban lengkap. Nah, untuk itu sebagai penebusnya sekarang saya akan bahas soal SEO.

Langsung saja kita bahas soal SEO..

Dalam ilmu per-SEO-an, SEO dibagi dua macam yaitu optimasi on-page dan optimasi off-page.

Optimasi on-page maksudnya optimasi yang dilakukan di dalam situs web itu sendiri. Meliputi seperti content anda, judul, title tag, dan banyak lagi. Pada intinya, segala optimasi yang dilakukan di dalam situs web anda sendiri itu dinamakan optimasi on-page.

Sedangkan optimasi off-page dalam SEO merupakan kebalikannya. Off-page berarti optimasi yang dilakukan di luar situs web anda, yaitu dengan membangun link. Inti SEO optimasi off-page terletak pada membangun link di situs web lain yang mengarah ke situs web anda. Link masuk ke situs web anda ini punya dampak cukup besar dalam mempengaruhi posisi situs web anda di search engine. Makin banyak link yang masuk ke situs web anda dan makin baik kualitas situs web pengalir link tersebut, efeknya makin bagus bagi situs web anda.

Nah, untuk tampil di halaman depan search engine tersebut perlu kombinasi optimasi on-page dan off-page. Dan kita juga perlu tahu apa saja kesukaan search engine demi menjalankan misi optimasi itu

Beberapa kesukaan search engine antara lain:

  1. Content yang baru, asli, berkualitas, dan yang di-update rutin. Kalau muncul pertanyaan,” kalau situs web kan jarang di-update, trus bagaimana?” Jawabnya gampang: buat blog!
  2. Konten yang natural alias alami. Tak perlu memenuhi blog atau situs web anda dengan tumpukan kata kunci.  Begitu search engine melihat kalau ada yang janggal dengan suatu keyword yang ada di sana, hasilnya akan berkebalikan dengan yang anda inginkan.
  3. Search engine bukan cuma memperhatikan anchor text saja, namun kata-kata sebelum dan sesudahya. So, upayakan kata-kata yang berdekatan dengan anchor text memiliki hubungan arti dengan anchor text.
  4. Link masuk dari situs web non-komersial konon punya bobot yang lebih seksi di mata search engine. Seperti misalnya domain .edu.

Masih merasa kurang? Tips-tips SEO lainnya bisa anda baca di tips link building dan seo. Kalau ingin mendalami lebih dalm lagi, jawabannya bisa anda temukan di Rahasia Blogging.

Salam ACTION!

290 Comments. Leave new

Yang terpenting update rutin dan isi blog/web orisinal karya sendiri ..
yah yang namanya ide kadang gak gampang buat ngedapetin ..

Terima kasih atas artikel yang anda berikan.
sangat bermanfaat bagi saya..

Please visite my website : maranifood.com
Please Follow : @maranifood on istagram
@maranifood on twitter
@marani on facebook
@ Marani Food on youtube chanel

Sungguh sangat sederhana penjelasan Artikel ini pak joko.. Sangat Bermanfaat.

Terima kasih Pak Joko

Sudah lama gak komentar nich di blog Pak Joko. Alhamdulillah sekarang mampir lagi.

Saya Andri Wiyasa, yang dulu disingkat AW dalam salah satu artikel Pak Joko 🙂

Salam jumpa kembali…

referensi yang sangat bagus mas joko, makasih infonya, untuk backlink artikel persaingan medium, kira kira butuh berapa yah min agar pageone google?

Konten berkualitas emang paling top. Tips sederhana, tapi mantap. Efeknya dengan sedikit optimasi off-page maka artikel akan nangkring di page one dengan mudah. Terbukti

Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan. Pada kesempatan selanjutnya saya akan posting mengenai Pengertian SEO On Page dan Off Page. Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll). Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates.

Hem, mendapatkan ilmu baru lagi, kadang saya terlalu banyak mengunakan kata kunci di post, hasilnya memang tidak memuaskan. Bahkan muncul di halaman paling bawah, sehingga harus Optimasi dll.

Artikel yang mencerahkan. Ternyata butuh disiplin tinggi untuk menjaga konten selalu baru dan update.

Terima kasih pak joko atas semua info dan masukanya,. mudah mudahan saya bisa fokus di bisnis ini.

ulasan yang singkat dan padat… point no 1 adalah point yang saya terapkan untuk saat ini..

ini nih yang memberikan pencerahan buat ngeblog, meskipun tekniknya selalu berubah namun artikel yang menjadi prioritasnya.

dari kedua hal menurut saya yang paling susah adalah seo offpage. membangun sebuah backlink adalah sesuatu yang perlu kesabaran. kita harus blogwalking kesana kemarin, apalagi jika target backlink adalah blog bule. Dengan modal bahasa inggris yang pas- pasan adalah hal yang sulit

ahli seo sebenarnya bingung..karena google selalu mengupdate logika SEOnya

wah… tampaknya saya masih banyak kekurangan dalam seo on page maupun off page.

assalamualaikum pak joko… saya sangat tertarik sekali dengan artikel yang sederhana ini namun banyak manfaat yang dberikan.

terima kasih pak ilmunya. salam sukses selalu

Teima kasih infonya Mas, sangat membantu saya dalam belajar blogging.

Salam blogger

[…] anda harus pilih bidang dimana anda punya passion yang kuat. Misalkan anda punya passion di bidang search engine optimization, maka jadilah pakar SEO. Bila perlu, anda bisa spesifikkan lagi. Misal, anda pakar dalam SEO untuk […]

[…] anda harus pilih bidang dimana anda punya passion yang kuat. Misalkan anda punya passion di bidang search engine optimization, maka jadilah pakar SEO. Bila perlu, anda bisa spesifikkan lagi. Misal, anda pakar dalam SEO untuk […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *