🔴 Seperti Apa Bisnis yang Ideal?

Bisnis yang Ideal

Banyak orang sekarang berlomba berbisnis. Ini sangat jarang saya temui saat masih kecil, waktu masih kuliah atau bahkan saat mulai merintis bisnis online ini. Fenomena ini amat patut untuk disyukuri. Sebab semakin banyak entrepreneur di negeri ini akan semakin baik bagi negeri ini.

Banyak orang memulai bisnis dari bisnis kecil-kecilan seperti misalnya berjualan suatu produk. Entah misalnya seperti pulsa atau yang lainnya. Tak jadi soal. Itu hal yang cukup baik untuk merintis bisnis serta melatih jiwa wirausaha.

Ada juga yang memilih membuka warung makan atau usaha yang berhubungan dengan makanan. Ada pula yang membuka toko yang menjual aneka kebutuhan. Yang bermodal lebih besar bisa misalnya mulai dengan berbisnis properti atau yang lainnya.

Semua hal di atas adalah bisnis yang baik. Namun tahukah anda seperti apa bisnis yang ideal?

Bagi saya bisnis ideal itu seperti ini:

  • Punya potensi tak terbatas. Secara cepat nilai bisnis itu bisa berkembang sangat pesat, misal dari yang semula nilainya Rp 1 juta menjadi Rp 1 milliar. Seperti harga facebook yang naik secara cepat, meski dengan harga domain yang dulunya dibeli sama dengan harga domain yang anda beli sekarang. 🙂
  • Dibutuhkan semua orang di dunia. Jadi tidak terbatas dibutuhkan di wilayah tertentu saja. Sebab pangsa pasar yang besar berarti akan membuat permintaan yang besar. Bisa dibayangkan kalau anda punya toko retail offline, jangkauan wilayah pemasarannya hanya terbatas pada wilayah tersebut.
  • Mudah di-leverage. Mudah berkembang tanpa harus banyak membutuhkan energi dan sumber daya anda. Seperti bisnis franchise yang bisa dikembangkan dengan cepat.
  • Harganya bisa anda tentukan sendiri. Jadi harga tidak ditentukan oleh pasar. Pernah mendengar kan berita harga pakaian bekas orang terkenal yang dijual dengan harga sangat tinggi?
  • Tidak menghabiskan banyak waktu anda. Betul, pada awalnya anda harus memberikan perhatian penuh pada tiap bisnis yang anda rintis itu. Namun setelahnya, anda bisa santai dan tidak terkungkung oleh bisnis anda tersebut. Itu baru bisnis yang ideal!
  • Bisnis jalan sendiri. Tanpa harus anda tangani pun, bisnis tersebut bisa berjalan sendiri
  • Tanpa piutang. Konsumen membayar secara cash. Tidak utang atau kredit. Saat kondisi ekonomi bagus, mungkin memberikan kredit itu bagus. Tapi kalau ekonomi memburuk, rawan terjadi kredit macet.
  • Tak butuh biaya besar. Tanpa harus sewa lokasi usaha yang mahal dan biaya operasional yang tinggi.
  • Mudah dipindahkan. Anda bisa dengan mudah untuk memindahkan bisnis anda dari satu kota ke kota lain. Mungkin anda ingin pindah ke Surabaya, Jakarta, atau kota lainnya, bisnis anda bisa dipindahkan dengan mudah.

Apa ada bisnis ideal seperti kriteria di atas? Atau anda juga ingin menyebutkan kriteria bisnis ideal lainnya?

Mari kita diskusikan…

302 Comments. Leave new

Seperti Apa Bisnis yang Ideal? adalah artikel yg sangat bagus dan bermanfaat. Terimakasih bapak Joko Susilo, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya, semoga saya dapat mengikuti kesuksesan bapak Joko Susilo

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel Seperti Apa Bisnis yang Ideal? sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

Artikel yang sangat menarik pak.. semoga bisnis online yang kita bangun mampu menjadi bisnis paling ideal dan menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *