🔴 Sudahkah Anda Menemukan Tujuan Hidup Anda?

Tujuan Hidup

Jumlah manusia di dunia ini sungguh banyak. Miliaran orang menghembuskan nafasnya setiap hari. Tapi, apakah kita semua sudah menentukan apa tujuan hidup kita? Sudah kita pastikan untuk apa kita bernafas setiap hari? Jangan-jangan kita hidup hanya untuk menghabiskan umur yang diberikan Tuhan saja. Bagaimana dengan anda? Anda sudah tentukan tujuan hidup anda? Syukurlah kalau sudah. Dan, saya berdoa semoga tujuan anda tercapai.

Kata orang tua, hidup di dunia itu cuma sebentar. Saking sebentarnya, ibarat orang mampir minum. Sayang kalau waktu yang cuma sebentar ini tak berarti. Tapi, tak semua orang bisa dengan mudah menentukan apa yang ia tuju dalam hidupnya. Kita semua mesti melalui perjalanan yang panjang. Dan, mungkin berliku-liku. Baru kita menemukan apa sebenarnya yang kita cari dalam umur yang pendek ini. Tujuan hidup bukan ambisi, tapi lebih pada sebuah jati diri. Ketika anda sudah menentukan apa yang anda tuju, ya itulah diri anda. Untuk hal itulah anda hidup.

Mungkin anda berpendapat, ”Ah! Buat apa merenung-renung memikirkan tujuan hidup. Menghabiskan waktu saja. Lebih baik kita produktif dan mendapat sesuatu yang lebih konkret.” Itu hak anda. Tapi, coba pikirkan sebentar. Apakah anda termasuk orang yang percaya kalau hidup itu penuh arti? Life is meaningful? Kalau anda percaya hidup anda punya arti, punya makna, so apapun yang anda lakukan juga pasti bermakna.

Okay, daripada berputar-putar dan membuat anda bingung dengan berbagai pertanyaan yang saya ajukan, lebih baik kita bahas bagaimana cara kita bisa menemukan tujuan hidup kita. Setuju? Saya yakin, anda tidak bisa serta merta mendapatkan jawaban ketika saya tanya, apa tujuan hidup anda?

Cara di bawah ini saya dapatkan secara tidak sengaja. Beberapa waktu lalu saya iseng surfing dan mendapatkan artikel menarik. Dan, saya temukan cara menemukan tujuan hidup anda hanya dalam 4 langkah. Anda siap?

  1. Ambil secarik kertas kosong atau buka laptop. Bisa juga hidupkan PC. Buat file.
  2. Jangan lupa, di bagian atas kertas anda tuliskan judul “apa tujuan hidup saya?”
  3. Tuliskan apa saja yang anda tuju dalam hidup anda. Atau, jika anda ingin lebih cepat, buka laptop dan mulai menulis. Misal, no 1 tujuan hidup anda ingin kaya, no 2. anda ingin punya istri 4, no 3 anda ingin keliling dunia. Terus tuliskan apa yang anda mau.
  4. Jangan berhenti menulis semua yang anda inginkan sampai anda menemukan jawaban yang membuat anda meneteskan air mata. Ya, jangan berhenti sampai anda menangis.

Jawaban yang anda temukan dalam keadaan menangis itulah yang anda cari dalam hidup anda. Siapapun anda, apapun pekerjaan anda, apapun jabatan anda, saya yakin anda perlu waktu untuk bisa meneteskan air mata. Entah anda presiden, pengusaha sukses, karyawan, orang kaya, orang miskin, temukan hal itu sampai anda menangis.

Banyaknya waktu yang kita perlukan tak sama. Ada yang 15 menit menulis sudah menangis. Ada yang 1 jam baru bisa menangis, atau bahkan 3 jam baru bisa menemukan apa yang ia cari dalam hidup. Dan, daftar jawaban setiap orang juga berbeda- beda. Ada yang sudah mendapatkan tujuan hidupnya pada urutan no 90, ada juga yang urutan 200 baru bisa menangis. Semua ini tergantung keadaan pikiran masing-masing. Juga, tergantung pada memori setiap orang. Kita pasti mengalami pengalaman hidup yang berbeda-beda. Dan, pengalaman ini pula yang membuat tujuan hidup kita berbeda dari yang lain.

Sekarang anda mungkin bertanya, kenapa saya menulis artikel ini? Adakah hubungannya dengan bisnis online? Atau saya mau alih profesi jadi guru spiritual? 🙂

Sederhana saja alasannya. Tujuan hidup anda akan mengawal kehidupan anda sehari-hari. Tujuan hidup anda akan mempengaruhi keseharian anda. Apa yang anda lakukan mau tidak mau pasti mengarah pada apa yang anda tuju. Itulah pentingnya memiliki sebuah tujuan dalam hidup. Ada satu titik yang kita tuju, ada sebuah perjalanan yang kita lalui, ada sebuah skenario yang mesti kita lakoni. Dan, semua itu anda sendiri dalangnya. Anda sendiri sutradaranya. Semoga maksud saya bisa anda pahami.

Bisnis anda juga harus memiliki tujuan. Jangan biarkan waktu berlalu tanpa ada skenario besar untuk kemajuan dan perkembangan bisnis anda. Tidak ada orang yang merencanakan kegagalan, maka anda perlu memantapkan juga tujuan bisnis anda. Agar anda mudah melangkah, dan agar langkah anda tertata, terencana. Bisnis, karir, pekerjaan, seringkali menjadi bagian paling penting dalam hidup seseorang. Mereka yang mampu menata karir mereka dengan baik biasanya lebih bisa menata kehidupan mereka. Mereka yang mendapatkan pekerjaan “impian” mereka lebih bisa berkata “kutahu yang kumau.”

Nah, jika bisnis online adalah yang anda mau, apalagi yang anda tunggu?

Related Posts

189 Comments. Leave new

waaah makasih mas joko, saya akan coba tulis di kertas tujuan hidup saya :’) semoga ada yang bikin nangis terharu

tujuan hidup perlu olah raga, olah pikiran tenaga dll, tujuan hidup sama dengan cita-cita. perlu kerja keras, belajar dll.

perlu dibedakan terkait “tujuan hidup kita” dan “tujuan kita hidup”. meskipun hanya dibolak-balik katanya, tapi mengandung makna yang dalam untuk membedakan keduanya

tujuan hidup kita tentu saja untuk beribadah kepada Allah SWT. Semoga kita bisa emghayati arti kita sebagai makhluk Allah SWT

Diantara deretan tujuan hidup saya,ini merupakan tujuan hidup yang terbaru dari bisnis online yang saya rintis : menjadikan orang lain hidup sehat dan bahagia dengan mengkonsumsi air yang berkualitas.

bisa menginspirasi banyak orang. salut untuk pak joko

Terima kasih mas joko, sduah memberikan pencerahan,semoga tujuan hidup saya tercapai..Amin.

[…] branding berfungsi untuk membuat anda lebih mengerti siapa diri anda, membantu anda mencapai tujuan hidup anda, dan juga membantu anda mendapatkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *