🔴 Mengapa Teman adalah Aset Tak Ternilai Harganya?

aset tak ternilai

Semua orang pasti ingin memiliki aset tak ternilai. Semua orang bisa sukses asal fokus dan kerja keras.

Tapi, apa hanya itu yang anda perlukan agar sukses di bisnis online?

Jawabannya, tidak! Karena, untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, anda perlu teman. (dalam bisnis offline anda juga perlu teman, perlu relasi, dan perlu koneksi).

Bagaimana bisa teman menjadi aset tak ternilai?

Lebih jelasnya, saya akan cerita sedikit. Saya ingat, beberapa waktu lalu teman saya membuka warung makan di sekitar kampus. Warungnya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.

Karena di sekitar kampus sudah banyak warung berdiri, sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Teman saya itu sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misal, menu-menunya berbeda dari warung yang lain.

Tapi, tidak banyak mahasiswa yang mampir. Anda tahu sendiri, yang namanya mahasiswa itu perhitungan. Lebih baik memilih di warung langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba eh malah kecewa. Lagi pula, umumnya orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal?”

Lalu, teman saya itu memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun woro-woro pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan coba icip-icip. Nah, dari situ warung teman saya punya daya tarik. Mahasiswa di sana ikut-ikutan penasaran. ”kenapa ya kok warung itu ramai?” Hasilnya kini warung teman saya itu menjadi salah satu yang paling laris.

Dalam bisnis online pun begitu. Sekedar contoh kita sebut saja Truemors dan Pownce. Pada awal launching, kedua situs web langsung mendapat pengunjung yang lumayan. Padahal iklannya pun tidak begitu gencar.

Mengapa bisa begitu?

Usut punya usut, ternyata si empunya situs web ini adalah Guy Kawasaki dan Kevin Rose. Mereka berdua ini dikenal punya banyak relasi dan teman. Begitu situs di-launching, mereka tinggal promosi saja ke teman-temannya. Dari sana, pengunjung internet lain juga ikut-ikutan tertarik.

Nah lalu bagaimana cara memanfaatkan teman-teman anda untuk menghasilkan uang? Atau pertanyaan lainnya bagaimana membuat teman-teman kita “lengket” dengan kita seperti yang dilakukan Kawasaki dan Rose?

Sabar…sabar…

Sebelum saya jawab, saya mau sharing dulu. Menurut buku-buku yang saya baca selama ini, pada prinsipnya, kawan dalam bisnis online itu portable alias bisa dibawa kemana saja (Kayak flashdisk hehe ). Maksudnya, kalau teman atau relasi itu sudah percaya kita,

maka dia mau berbuat apa saja. Maka, jaga kepercayaan dari kawan atau teman dengan sebaik-baiknya.

Ya di acara RT-RW atau arisan kalau dalam dunia nyata. Kalau di internet ya di komunitas online. Mereka (relasi atau teman anda) adalah pembuka jalan kesuksesan anda. Sebab mereka bukan sekedar teman bagi anda, tapi juga bisa jadi konsumen dan agen iklan. Bukan hanya saat ini, tapi juga seterusnya.

So, luaskan jaringan anda setiap hari. Jika sekarang anda punya 10 ribu kontak dalam daftar alamat anda, luaskan terus sampai seluruh warga RT di seluruh dunia bisa anda kenal.

Biar kenal, ikut mailing list (milis) adalah cara paling gampang. Bergabung dalam milis setidaknya anda akan mendapat kenalan-kenalan yang lumayan banyak. Nah, kalau sudah dapat banyak teman, renungkan apa yang akan anda lakukan dengan orang-orang itu?

Seperti tadi saya katakan, anda bisa jual produk anda pada mereka. Jadikan mereka konsumen anda!

Dan jangan lupa terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Karena itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik.

Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.

Bagaimana, benarkan jika teman disebut sebagai aset tak ternilai?

Tags:

82 Comments. Leave new

Mengapa Teman adalah Aset Tak Ternilai Harganya? adalah artikel yg sangat bagus dan bermanfaat. Terimakasih bapak Joko Susilo, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya, semoga saya dapat mengikuti kesuksesan bapak Joko Susilo

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel tentang Mengapa Teman adalah Aset Tak Ternilai Harganya? sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

Iya, benar sekali mas Joko bahwa teman adalah aset yang sangat berharga. Biasanya lebih gampang menjual ke teman atau yang sudah kenal dengan kita daripada yang belum mengenal kita.

Dan mereka biasanya dengan sukarela menjadi marketer yang luar biasa buat kita karena mereka akan cerita tentang usaha kita kepada teman2nya.

Dan efeknya memang sangat luar biasa sekali karena bisa saja teman2nya teman kita memberitahukan usaha kita kepada teman2nya.

Zmangadh Pagi!!
Terimakasih Pak Joko Susilo untuk subscribe ini.
Semoga bermanfaat dan banyak membawa kemaslahatan.
Amin Ya Rabbal Alamin.

apapun karakter temennya. tetap memang sebuah aset yang tidak ternilai harganya.

yuk berteman. mari kita saling berkunjung. berikan nilai positif

Wah bener bngt pak teman adalah aset yang tidak ternilai harganya, karena banyak teman banyak pula rejeki….kta pepatah!

benar karena temanlah yang bisa membantu kita disaat kita membutuhkan. sip pak joko

Thanks for ones marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you are a great
author. I will ensure that I bookmark your blog and will eventually
come back later on. I want to encourage one to continue your great job, have
a nice morning! babcialecikwaka

s bagaimana dengan pesan mas..lebih baik diam sebelum penghasilan kita 10 juta sebulan…??? kadang teman bisa pengaruhi fokus kita..dan melemahkan semangat….

pilih yang lebih baik menurut mas. ada tipe orang yang harus ngomong dulu sama orang lain baru terpacu untuk mencapai terget etrsebut; tapi ada juga tipe orang yang lebih memilih untuk membuktikannya dulu. silakan pilih menurut mas yang lebih nyaman

betul sekali mas joko, tp ada juga teman yang ingin menghancurkan…. maka jangan gegabah untuk melangkah… salam sukses selalu mas joko….

Semakin banyak silaturahmi, semakin banyak rezeki, Insya Allah.

benar. silaturahmi membuat umur dan rejeki bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *