Tips Manajemen Bisnis Online untuk Anda

Manajemen Bisnis Internet

Bisnis internet itu memang sederhana. Cukup duduk di depan komputer, uang mengalir sendiri. Saking sederhananya ini yang terkadang mungkin membuat banyak pebisnis online mengabaikan manajemen bisnis online. Padahal, manajemen bisnis tetaplah penting. Supaya tujuan bisnis anda bisa tercapai secara maksimal dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Kalau menurut teori manajemen, tahapan manajemen adalah planning, organizing, actuating, dan controlling. Di tiap tahapan itulah bisnis anda diperhatikan, dirawat, dan digerakkan sampai mencapai level seperti yang anda inginkan.

Pertanyaannya, bagaimana melakukan manajemen bisnis di bisnis online?

Sebelum masuk ke jawaban bagaimana melakukan manajemen bisnis online, kita ketahui terlebih dahulu kenapa anda perlu melakukan manajemen bisnis.

Mengapa manajemen bisnis online itu penting?

Beberapa alasannya sudah saya singgung beberapa di awal tadi. Namun untuk lebih memperjelas, berikut alasan mengapa manajemen bisnis itu penting bagi anda.

  1. Agar bisnis lebih teratur dan terencana. Manajemen sesuai artinya yaitu ilmu untuk mengatur, berarti dengan menerapkan manajemen bisnis gerak langkah bisnis anda bisa lebih teratur dan terencana. Tidak serampangan atau tanpa arah yang jelas.
  2. Anda perlu sistem bisnis yang solid. Adakah bisnis yang tak dibangun dengan sistem? Semua bisnis besar dibangun dengan menggunakan sistem. Sedari kecil bisnis berjalan, pemilik bisnis memikirkan sistem bisnis yang tepat bagi bisnisnya. Sampai kemudian bisnis itu semakin besar dan besar.
  3. Membangun kredibilitas bisnis. Semua pebisnis hebat punya kredibilitas dan kompetensi yang tidak diragukan lagi. Nama mereka mentereng dan disebut-sebut banyak orang karena kepiawaiannya mengelola bisnis. Untuk mengelolanya, jelas dibutuhkan manajemen bisnis yang handal.
  4. Menangkap peluang baru lebih cepat. Dengan manajemen bisnis yang tepat, anda bisa menangkap banyak peluang bisnis baru lebih cepat. Sebab sistem anda sudah berjalan dengan pola yang berdasar pengujian yang anda lakukan, merupakan yang terbaik.
  5. Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team. Betul, anda bisa jalankan bisnis online seorang diri. Mungkin anda pintar, mungkin anda bisa banyak hal, namun kalau anda ingin berbisnis yang terbaik anda harus libatkan orang lain. Sebab tak mungkin anda jalankan semuanya seorang diri. Ada hal yang jauh lebih penting yaitu memikirkan strategi memperbesar bisnis anda, anda mulai belajar bagaimana cara mengelola orang, bagaimana mengeksekusi keputusan, dan banyak hal fundamental bisnis lainnya yang mesti anda lakukan.
    Untuk awal, tidak masalah anda jalankan sendiri. Namun saat bisnis anda sudah mulai berjalan, lakukan delegasi agar bisnis anda berkembang.

Ruang lingkup manajemen bisnis memang amat luas. Banyak hal yang harus di-manage agar bisnis lancar. Dari manajemen strategis, manajemen marketing, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, sampai manajemen teknologi informasi.

Namun biar tidak terlalu pusing karena istilah-istilah yang bisa bikin kening berkerut, bagi anda pebisnis online bisa lakukan manajemen bisnis online yang sederhana seperti berikut.

Cara Melakukan Manajemen Bisnis Internet

  • Manajemen marketing/promosi. Lewat apa saja bisnis anda dipromosikan? Lewat iklan berbayar, SEO, social media, email marketing dan apa lagi? Siapa target pemasaran anda? Bagaimana frekuensinya? Bagaimana tes ukur hasilnya?
  • Manajemen strategis. Bagaimana arah bisnis anda saat ini dan rencana mendatang sesuai visi bisnis anda? Program apa saja yang anda rancang? Bagaimana harga produk anda?
  • Manajemen produksi. Apa produk yang akan anda luncurkan? Bagaimana operasi bisnis online anda dijalankan? Pada bagian manajemen bisnis yang ini berguna untuk menjamin kualitas barang/jasa anda sesuai dengan yang anda tetapkan.
  • Manajemen sumber daya manusia. Bagaimana mengelola orang-orang anda? Bagaimana menggerakkan mereka agar berada pada satu tujuan? Bagaimana mengatur mengenai alur kerja?
  • Manajemen keuangan. Bagaimana mengatur keuangan bisnis anda? Bagaimana pengawasan untuk uang masuk dan keluar bisnis anda? Bagaimana mengatur anggaran bisnis anda?
  • Manajemen teknologi informasi. Bagaimana pengembangan TI yang dibutuhkan untuk bisnis online anda? Apa saja investasi peralatan yang dibutuhkan? Bagaimana agar peralatan-peralatan anda bisa mendukung bisnis anda secara optimal?

Hal yang sama juga bisa anda terapkan kalau bisnis anda termasuk offline dengan menerapkan manajemen bisnis di atas. Tentu anda juga tak harus menunggu semuanya siap secara ideal seperti di atas. Yang bisa anda lakukan terlebih dulu, ACTION-kan terlebih dulu. Sebab manajemen bisnis yang tepat itu membutuhkan proses, sejalan dengan kematangan bisnis yang anda lakukan. Salam ACTION!

186 Comments. Leave new

trimakasih pak atas tips yang udah bapak sering ini, sangat menarik nice pos.

salam kenal, btw halaman homepagenya iklannya gak bisa di close.
Tapi artikel2nya sangat menarik dan bermanfaat mister
lanjutkan terus…

terima kasih

[…] UKM. Akan tetapi perkembangan UKM agar berkembang masih terhambat berbagai persoalan seperti modal, manajemen bisnis sampai strategi […]

Nice share memang manajemen bisnis sangat penting, yang tentunya sangat membantu dalam perkembangan bisnis selanjutnya … thank for the tips

perlu bekerja sama yah, tapi bagaimana menemukan pathner yang sejalan dengan tujuan kita, soalnya terkadang mereka mencari untung sendiri daripada mengembangkan perusahaan. mohon bimbingannya, Trimakasih.

Salam organic.

karena Team lebih powerfull
manajemen bisnis yang mengatur manajemen waktu
salute..

terlalu puas dengan apa yang sudah diraih, adalah yang membuat saya lupa diri pak Joko, artikelnya membuat saya semangat kembali, thanks pak

[…] menyepelekan deadline. Awalnya santai-santai, tapi jelang deadline malah kelabakan. Karena itu tips manajemen waktu pertama adalah buat deadline untuk pekerjaan anda dan patuhi itu. Upayakan agar pekerjaan […]

lengkap sekali tips mengenai manajemen bisnis di internet, sangat membantu sekali
terima kasi

bener banget apa eang di kata khan pak joko, saya akan lebihk belajar lebihk jauhk lag.

Betul sekali dengan manajemen bisnis kita teratur terencana dengan baik

Sepertinya untuk mereka yang awam, Beda Tipis antara Internet Marketing Dan Bisnis Online sudah terpecahkan hanya lewat Artikel ini, belum artikel yang laen…hebat mas…Thanks Mas Joko.

Artikelnya sangat bermanfaat sekali pak Joko, untuk saya yang baru mulai merintis usaha. tks

manajemen bisnis perlu kita lakukan agar bisnis semakin maju dan berkembang dengan pesat

Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team <— setuju! target membuat SUPER TEAM

akan saya praktekkan tips dari pak joko tersebut.
Terima kasih.

6 Management yang solid….jadi perlu pembenahan dalam bisnis salon saya nih….mohon di bantu ya pak joko..makasih

Tips manajement yang luar biasa…datang ke blognya pak joko ini juga merupakan sebagian dari cara mengembangkan bisnis kita…..sukses buat anda pak…:)

manajemen bisnis online memang perlu dilakukan seefektif mungkin.

share yang bermanfaat gan,..

artikel yang sangat bagus mas… memang manajemen bisnis sangat penting, sedari bisnis itu masih kecil dan terus berjalan, sangat baik bila diimbangi dengan manajemen bisnis yang baik guna menentukan tiap langkah ke depan yang tentunya sangat membantu dalam perkembangan bisnis selanjutnya kedepan… sungguh menarik…

terimakasih sharing nya mas…
sukses selalu…

[…] UKM. Akan tetapi perkembangan UKM agar berkembang masih terhambat berbagai persoalan seperti modal, manajemen bisnis sampai strategi […]

terima kasih pak joko.. artiklenya sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis online saya..

Ya…Ilmu Manajemen yang seringkali kita abaikan,
padahal kalo tahu…WOW hasilnya dashyat!
Terimakasih Pak :)

luar biasa pak joko maju terus semoga kita bisa berhasil..

[…] memulai bisnis online untuk menghasilkan uang, saya memang benar-benar “GILA”. Seluruh waktu saya habis untuk […]

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih Pa Joko Susilo… Artikelnya sangat membantu bagi kami yang sedang menjalankan Bisnis Internet. 2 Jempol…. 😀

Artikel yang bagus pak joko! banyak orang beranggapan bahwa bisnis online itu mudah dan santai saja.

Padahal diperlukan managemen yang menyeluruh untuk dapat memajukan sebuah bisnis online. Duduk diam menunggu calon pembeli sama saja dengan bunuh diri 😀

apakah no kartu yang kita isi pd form clik bank harus dr kartu kredit atau dari kartu atm

Share yang bermanfa’at bagi saya. Terima kasih.

terimakasih pak joko atas tambahan ilmunya terutama dalam manajemen bisnis… salam action buat semuanya…

manajemen bisnis online perlu dilakukan agar bisnis kita dapat berjalan dengan teratur

mas website saya belum terindeks google, pasang seo bingung mau kemana, budget saya masih minim masalahnya nie mas, bisa bantu ga mas

saya cek sudah terindeks mas. :) anda pasti sudah praktekkan cara agar blog terindeks google

Mas saya kesulitan pemasaran nie, mau pasang seo di google harus pake kartu kredit, ada alternatif ga ya….

Manajemen dibutuhkan di semua bidang karena tanpa manajemen tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

manajemen adalah seni, seni dalam mengatur, promosi,strategi dan lain2.

Jadi sangat setuju sekali bahwa manajemen sangat dibutuhkan pada bisnis online jika bisnis online yang sdg dibangun ingin sukses.

Selamat bermain-main dengan manajemen
Sukses buat semua

Setuju sekali. Jika menginginkan hasil yang maksimal dalam bisnis online, semua harus dijalankan menggunakan manajemen yang baik. Terima kasih pak Joko.

Ini yang aku cari pak, sudah lama saya bertanya-tanya apa ajah sieh yang dilakukan oleh pebisnis online sukses dalam mengelola administrasinya/memanajement bisnisnya, wah ternyata banyak banget yg masih harus saya kerjakan. Thanks pak I Like IT

info pemula bisnis online ini sangat berguna bagi saya pak.

saya mengalami kemunduran karena belum adanya visi mis sepertinya..

ijin bookmark mas..

banyak hal yang saya pelajari dari blog bapak…dalam proses belajar saya di dunia blog…saya mau minta pendapat bapak tentang sebuah blog menggunakan AdF.ly…dalam marketing blog dan make money online…mohon arahannya..

adf.ly itu alternative adsense. itu memang biasa digunakan sebagai alternatif adsense, selain infolink

Tipsnya bagus! Akan ku coba

Ide-idenya keren, banyak menginspirasi saya dalam berkarya. Semoga apa yang bapak berikan memberikan pembelajaran bagi orang2 yang mau berhasil. Sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia. Salam hangat dan Sukses buat bapak.

luar biasa postingan nya,pak joko… saya coba renungkan dulu dan kemudian terapkan

Sangat bermanfaat manajemen tersebut. Terima kasih Pak Joko.

wah ilmu manajemen bisa terpakai semua ini…sip2

Bisnis online benar2 seperti bisnis konvensional, ada perencanaan dan manajemennya..kita tetap harus fokus untuk bisa berhasil di dalamnya…:)

Ilmu yang sangat bermanfaat, terima kasih Pak Joko

Managemen yang baik merupakan salah satu kunci majunya sebuah bisnis,thanks Mas Joko tipsnya…

Terima Kasih..Pak Joko atas tipsnya..

benar2 pelu di terapkan

trimakasih info nya mastah…………

informasi yang selama ini di tunggu mas joko…

mantabs

Betul pak, manajemen bisa kita terapkan di dalam setiap aspek kehidupan kita. Jangankan dalam hal bisnis, dalam kehidupan pribadi pun kita mesti harus menerapkan sistem manajemen dengan benar. Bagaimana kita bisa memenej diri kita, itulah yang akan menentukan keberhasilan kita sendiri.

Memang benar pak Joko . Jangkauan ilmu management memang sangat luas. Tidak hanya dalam kehidupan perkantoran dan kemasyarakatan, dalam kehidupan keluarga juga diperlukan demikian juga dalam dunia Online ilmu management juga dapat diterapkan.
Jangkauan yang luas mengenai ilmu management karena melibatkan usaha dan kerja keras manusia untuk mewujudkan sukses.

Salam Action

Bila memelajari cara bisnis ini secePat membalikkan tangan, saya Paling cePat Pak Joko…

mas gimana cara x berpromosi dengan baik,,, sampai sekarang saya blom dapat fee sama sekali

kalau saya pakai blog mas. selain gratis, ternyata ngeblog juga bisa menghilangkan stress :)

silakan terapkan cara promosi yang ada di dalam member area Formula Bisnis. hubungi kami di kontak formulabisnis jika ada kesulitan.

<Menangkap peluang baru dengan cepat
Dengan adanya beberapa pikiran yang punya satu tujuan, akan semakin besar peluang mendapatkan peluang-peluang baru yang belum ada

benar sekali dalam berbisnis manajemen perlu dilakukan untuk memperlebar sayap bisnis kita

Pak Joko, kok situs rahasiablogging.com gak ada testimoninya?

silakan disimak di bagian akhir pada posting di sini.

Betul pak Joko, Semua bisnis besar harus dibangun dengan menggunakan sistem managemen yg bagus.

benar sekali pak joko, manajemen bisnis memang sangat penting , terutama saya pernah mengalaminya sendiri dan gagal di bagian manajemen keuangan, mungkin pak joko bisa menjelaskan secara lebih rinci lagi bagaimana mengelola keuangan ini …

blog bisnis online | peluang bisnis online | belajar internet marketing

tips dari saya, jangan campurkan antara uang untuk bisnis dengan uang pribadi. supaya jelas penggunaannya dan tidak saling bercampur. juga lakukan pencatatan setiap uang masuk dan keluar secara disiplin.

manajemen waktu masuk kategori tidak pak?karena kalau kita tidak disiplin otomatis semua akan berantakan.mohon penjelasannya

manajemen waktu itu untuk orangnya. tentu dalam melaksanakan setiap manajemen bisnis di atas diperlukan kedisiplinan. di sinilah pentingnya menekankan kedisiplinan bagi diri sendiri maupun SDM yang kita punya agar setiap program yang kita jalankan bisa berjalan sesuai jadwal dan berjalan optimal.

saya sangat butuh pertolongan bapak/ibu semua apa yang harus asa lakukan?

mohon bimbingnnya/bantuannya dan yang bisa memberi jalan keluar saya akan sangat berterimakasih

emangnya butuh bimbingan apa? kalau masalah bisnis online, formula bisnis saya rasa cukup bagus untuk dijadikan sebagai panduan. Saya sendiri sudah membaca panduan formula bisnis lebih dari 20X

sepertinya setelah membaca tips ini, menjadi inspirasi untuk terus meningkatkan manajemen bisnis online…

Inspiratif sekali artikel artikel mas Joko Susilo ini. Trims mas. Manfaat banget dan akan saya jadikan referensi saya selalu

Saya setuju dgn Pak Joko, kunci kesuksesan bisnis online terletak pada pengelolaan manajemen bisnis online yg handal. Tanpa itu semua maka kesuksesan sulit tercapai

Sepertinya Pak Joko tidak pernah kehabisan ide untuk memposting tulisan2 yang bermanfaat. Gimana kalau kumpulan tulisan pak Joko dibikin ebook saja untuk kita download supaya kita bisa baca lebih enak. (sekedar usul saja)

Terpenting adalah eksekusi dari tiap langkah manajemen bisnis online itu. Dan di dalamnya banyak proses yang harus dilalui untuk mencapai goal sesuai harapan.

Komplit…,kalimat “Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team” mengingatkanku pada sebuah ebook tentang rahasia sukses orang Jepang dimana ada salah satu poin yg tertulis “Profesor2 di Jepang lebih suka bekerja dalam sebuah team dibandingkan profesor di Barat yg cendrung lebih suka bekerja secara individu” dan inilah yg membuat Jepang lebih sukses dibanding Barat

“Kosongkan Gelas” buang Mr. I Know dlm diri kita, “Tangan yang Menggenggam” tak akan pernah bisa Menerima.

yap …suatu hal yg sngt penting utk kita jdkn pedoman mutu bisnis kita(pinjam istilah ISO )…dan manajemen itu hrs tertata & mampu telusur…biar kerja kita jg lbh terarah…mgkn begitu ya…?

Nah, ini dia baru menarik…!
kalo soal sistem marketing sudah banyak dibahas, tapi kalo sistem SDM, semakin menarik kedengarannya.

Pak Joko, bisa diulaskah soal :
bgm memonitor kinerja karyawan kita yg fokus di internet marketing?
Sementara kita sbg owner, tentu tdk selalu mengawasi mereka? Bgm kita bisa mengukur & mengontrol produktivitas mereka?
Mana tau kan, sepertinya mereka sibuk, padahal hanya chating/FB yg tdk ada hubungan dgn tugasnya

Salam Tempur!

Bener juga tuh pak.. Terkadang terlintas pula dipikiran saya. Bagaimana cara evaluasinya?
Apakah setiap saat kita harus ngintip monitor, atau kita pasang tware pengintai :))..
hehee

Betul sekali apa yang disampaikan Pak Joko

jangan lupa bedakan antara “money maker” dan “building business” seperti kata john reese.. focus ke building business..jangan cari ‘money maker’ alias keuntungan sesaat…ini ga ada gunanya..bagaimana pendapat pak joko?

saya sepakat. karena membangun bisnis itu ketika sudah jalan, akan terus menghasilkan bagi kita. walau di awal harus investasi, dan merugi di awal, tidak masalah untuk yang building business. sementara kalau hanya sekadar money maker, biasanya tidak akan bertahan lama.

Wow… artikel yang mantap. Bekal panduan buat memanage bisnis lebih baik lagi di tahun baru. Thanks!

mantap. kayaknya bukan hanya untuk dibaca tapi memulai dan menerapkannya.

Sangat setuju, Pak. Sehebat-hebatnya Superman (Pak Joko), lebih hebat lagi komentator yang selalu berkunjung ke blog ini.

mantap nasihatnya pak! manajemen seperti ini yang kadang dilupakan karena kebanyakan berpikir tentang cara mencari uang cepat bukan secara tepat .. :)

“cara mencari uang cepat bukan secara tepat ”
Kalo saya lebih suka..
MENCARI UANG SECARA TEPAT DENGAN CEPAT

thanks for tips Mr.Joko….this will be my spirit

betul! tanpa sistem dan manajemen yang baik, bisnis tidak akan bisa membesar!
Salut buat pak joko…salam sukses!

sebuah pelajarn yang sangat berguna, akhirnya menata ulang konsep yang telah terbentuk setelah membaca artikel ini. Salut!

kalo ga di manage dengan baik, tunggu aja kehancuran bisnis yang sudah susah payah kita bangun…

Wah keren artikelnya pak Joko, menghadapi bisnis 2012 ini semua sudah dipersiapkan sejak bulan kemarin. Dengan membaca artikel ini menambah pengetahuan saya untuk menata ulang manajemen yang akan terbentuk nantinya. Artikel ini sangat membantu sekali, terimakasih banyak pak Joko. Sukses selalu

Alhamdulillah….pak joko memang top dah.
Tinggal kita siap merealisasikannya.
terima kaish Pak Joko..

Mari kita belajar bersama membangun bisnis baru di Tahun Baru yg lebih DAHSYAT lagi…

Aamiin…

Salam YAKIN SUKSES !!!

Saya sangat setuju dengan ungkapan ini :Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team, Setuja Mas Joko !!!

Tanpa manajemen yang baik, bisnis jadi acak-acakan pak. Apalagi bisnis online yang notabene ngga ada bos. Harus lebih disiplin dari pada kerja kantoran

Meskipun kadang, diri kita adalah BOS dan KARYAWAN itu sendiri, tapi disiplin diri penting untuk kelancaran bisnis yang kita jalankan

Tepat sekali..

Ber tahun-tahun sudah jalani bisnis online, tanpa disiplin pokonya kacau deh semua.

artikel yang bagus,nambah ilmu lagi ni tentang menegemen bisnis………….

Sementara ini saya kerjakan semuanya sendiri dulu, pak..

Adanya team berawal dari sendiri. Mantap ungkapannya Pak, Super Team jauh lebih hebat daripada SuperHero.

Berawal dari sendiri.. jika order meningkat, segera bentuk tim manajemen untuk mengembangkan bisnis..

Setuju sekali Pak, semua harus di lakukan sesuai dengan hukum manajemen bisnis. terima kasih pak atas tambahan motivasinya.

Benar2…. hebat… pak.. sarannya.. bagi ilmunya… dan dukungannya terusmenerus….. Bisa jadi Bapak TOP Manager pak….

Terima kasih mas Joko… begitu banyak ilmu yang telah diberikan kepada kami semua.

Insya Allah, dengan sistem yang rapi dan teratur, bisnis dapat berjalan secara otomatis dan pekerjaan owner semakin banyak didelegasikan kepada rekan-rekan pegawai. Semoga hari-hari kita memberikan banyak manfaat.

Diantara yang telah dijelaskan pak JOKO, ada juga yang termasuk penting yaitu manajemen motivasi, karena kadang semangat kita naik-turun dalam menjalankan suatu usaha..

benar. tetap semangat! kalau semangat sedang turun, silakan baca-baca kembali artiel di blog ini :)

mantabs pak !! ..

Tim solid

majemen promosi
strategi
manaj. produksi
manj, sdm .. dsb

wah PR heheh

Sumber informasi yang manfaat, sukses selalu mas.

Bukan hanya sum,ber informasi mas, tapi juga sumber ilmu dan strategi marketing yang sangat MAHAL.

Sangat jarang IM yang memberikan materi Marketing di blog pribadinya.

Tolong jelaskan secara singkat bagaimana menghasil kan income melalui clickbank, jangan bertele-tele

yang pertama adalah mendaftar untuk mendapatkan hoplink, kemudian pilih produk yang akan dipasarkan, lalu promosikan link tsb
semakin banyak orang yang ngeklik link anda, semakin besar peluang terjadinya penjualan, begitu pula dengan profit yang akan anda dapat

tidak beda jauh seperti menjadi reseller di Formulabisnis atau affiliate di mractionclub. anda akan mendapat komisi saat ada pembeli melalui promosi yang anda lakukan.

Untuk promosi jangan lupa media untuk promosinya apalagi mempromosikan sebuah link afiliasi.

Untuk berhasil saya rasa jangan sampai tidak mau bertele-tele justru harus terperinci.

betul, strategi marketing itu harus terperinci. jadi jangan sampai bertindak tanpa rencana

Manajemen sangat penting dalam segala kegiatan, apalagi kegiatan bisnis.

Kegiatan yang dilakukan sendiri saja perlu manajemen yang baik, apalagi kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu organisasi.

Sukses untuk semuanya.

mas Joko terimakasih atas bimbingannya, beberapa saat terakhir ini saya sedang mempelajari semua yang Mas Joko sampaikan pada saya.InsyaAllah nanti saya akan action sesuai saran Mas Joko.thanks

bagaimana kalo kita tidak menguasai internet tapi tertarik dengan bisnis online ini, apa solusinya pak joko?

salam pelaut Batam dari Berita Kapal

asal mau belajar dan action, tidak ada yang tak mungkin. setiap orang adalah newbie pada bidang yang baru dimasukinya, tapi tahun-tahun berikutnya dia akan menjadi berbeda karena dua hal: belajar dan ACTION

yang perlu juga diingat ketika mau terjun bisnis online bahwa bisnis online sama seperti bisnis offline pada umumnya dilihat dari strategi, mental, resiko, waktu dll.

hanya bedanya dari sisi modal bisnis online bisa dgn modal kecil dahulu walupun jika sudah besar tetap memerlukan modal tambahan.

Jadi jangan sampai semangat bisnis online hanya di awal karena mengetahui setelah terjun ternyata banyak yang harus di manage, seperti yang dikatakan Pa Joko ” *tahun-tahun berikutnya* dia akan menjadi berbeda karena dua hal: belajar dan ACTION”

wah maaf Pa Joko, comment saya diatas maksudnya untuk “berita kapal” :)

terima masukanya, semoga bermamafaat dalam membangun bisnis online saya kedepannya, salam sukses dari Berita Kapal

betul sekali, kita harus punya rencana untuk melakukannya, rencana bulanan , mingguan atau harian contohnya

.delegasi adalah penting sekali pak, lakukan apa
yg orang lain tidak bisa lakukan (stragegi bisnis, rancang produk baru). sisanya delegasikan saja..

postingan super..delegasi adalah penting sekali pak, lakukan apa yg orang lain tidak bisa lakukan (stragegi bisnis, rancang produk baru). sisanya delegasikan saja..

setuju pak..internet marketing sekarang adalah team-game, bukan lagi individual game :)

setuju pak.. semua harus dikelola dengan manajemen yg efektif

sangatt super sekali ..
Wah… harus segera dipraktekkin nih Manajemen Bisnis Internet ditahun 2012 ..

Terima Kasih,Pak .. ^_^

luar biasa pak joko saranya….,nampaknya harus banyak belajar lagi nih tentang ilmu manajeman, biar bisnis onlinenya makin meningkat ngga jalan di tempat.
makasih pak tuk artikelnya…, :)

yang saya suka dari artikel pak joko adalah Tidak bosan untuk dibaca!

Luar Biasa

bener pak joko saya setuju,,,
“salam sukses”

kalo pak joko ada info promosi yang tepat,tolong kabari saya via email ya pak…sekali lagi terima kasih..;)

Pa. Joko, Point . Manajemen marketing/promosi. Lewat apa saja bisnis anda dipromosikan? Lewat iklan berbayar, SEO, social media, email marketing dan apa lagi? Siapa target pemasaran anda? Bagaimana frekuensinya? Bagaimana tes ukur hasilnya? yang paling sulit dan butuh biaya besar pa. Joko. o..ya Pa Joko websitenya tidak ingin memasang iklan buat produk orang lain ?

wah,kalo boleh pasang iklan di blognya mas Joko, mungkin saya yang pertamax booking tempat :)

sampai saat ini belum untuk pasang iklan pak :)

Jika sudah punya blog dengan trafic tinggi bisa dijadikan media pasang iklan, iklan nya terarah karena tidak ada iklan lain, gartis lagi kecuali domain dan hosting.

Perlu diterapkan nich ilmunya…

Thx Pak Joko…

mantabsssss artikel nya pak. seperti nya banyak yg kaget berbisnis:p gara – gara efek positif online marketing

setuju sekali pak! sehebat2nya superman tetap lebih heat super team.

benar sekali pak.. dibalik bisnis yang sukses terdapat didalamnya team work yang solid.. walaupun bisnis kecil memang yg harus sering diperhatikan point penting ini..

untuk saran promosinya sdh saya lakukka. dan hal ini sdh sering bapakjelaskn disetiap posting blog spekatakuler ini.. dan alhasil pak. transaksi meningkat sampai 200 %. bahkan terus meningkat setiap bulannya pak

thanks.. ya pak.. sukses selalu

Benar sekali pak, manajemen bisnis online itu memang sangat penting untuk kesuksesan bisnis kita. Thx infonya pak…

Saya senang berkunjung ke blog ini, selalu ada yang baru untuk dipelajari. tips manajemen bisnisnya sangat membantu pak. terima kasih :)

yap… ditambah dengan komitmen kita dalam bisnis online itu juga penting

ya betul betul betul, memang harus di atur, ya ini yg paling susah membuat manajemen untuk diri sendiri(kalau masih newbie), kalau udh kayak pak joko baru udh punya super team. trims

DAHSYAT Pak Joko…

Emang kadang kita lupa hal itu…

Thx atas sharingnya…

Informasi siiip, untuk tambahan bekal menyambut bisnis 2012.

Nice Tips, terima kasih Pak Joko yang selalu berbagi.

Nice share. Tipsnya sangat bermanfa’at. Thanks.

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Terimakasih Pak Artikelnya, jadi paham nih bisnis online, mesti careful juga…

Tanpa manajemen yang terarah niscaya bisnis akan berkembang. Setiap hari selalu dpt tips menarik dari Anda

Betul sekali pak….

“Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team”

Ungkapan yg sangat pas , apalagi untuk bisnis online yang berbasis jaringan.

Salam sukses.

Guru dan Murid yang luar biasa..
Semua ilmu yang diterapkan akan membawa hasil maksimal.

Memperkenalkan bisnis dengan sistem baru yang Gila dan Luarr biasa.

DIJAMIN GELENG2 KEPALA! :))

hebat ilmunya P. Joko
Salam sukses selalu….. :-)

Pengelola kerjasyariah.com
Peluang kerja syariah, bisnis syariah, halal dan menghasilkan.
Meningkatkan keilmuan, keimanan dan ekonomi ummat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.